Cari Blog Ini

Selasa, 11 Oktober 2011

Laju Reaksi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya


     Laju reaksi adalah perbandingan perubahan konsentrasi pereaksi atau hasil reaksi terhadap perubahan waktu (Raymond 2005). Laju reaksi dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain konsentrasi pereaksi, suhu, tekanan, katalis, dan luas permukaan bidang sentuh (Munyati 2008).
     Konsentrasi memiliki peranan yang sangat penting dalam laju reaksi. Semakin besar konsentrasi pereaksi, maka tumbukan yang terjadi antar partikel semakin banyak. Hal ini menyebabkan laju reaksi semakin cepat. Demikian juga jika konsentrasi diperkecil. Tumbukan yang terjadi antar partikel menjadi berkurang. Dengan demikian laju reaksi menjadi semakin kecil.
     Apabila suhu reaksi ditingkatkan, maka akan menyebabkan partikel semakin aktif bergerak sehinga tumbukan ang terjadi akan semakin banyak. Akibatnya laju reaksi menjadi bertambah cepat. Sebaliknya, apabila suhu reaksi diturunkan, maka akan menyebabkan berkurangnya tumbukan antar prtikel. Hal ini berakibat pada menurunnya laju reaksi.


    
     Kelajuan dari pereaksi dalam wujud gas dipengaruhi oleh tekanan. Penambahan tekanan dengan memperkecil volume akan memperbesar konsentrasi sehingga akan meningkatkan laju reaksi. Katalis memungkinkan reaksi berlangsung lebih cepat, atau memungkinkan reaksi terjadi pada suhu rendah. Hal ini dapat terjadi karena perubahan yang dipicunya terhadap pereaksi. Katalis merupakan suatu zat yang ditambahkan pada reaksi, tapi tidak ikut bereaksi. Katalis dapat mempercepat laju reaksi kimia pada suhu tertentu.
Luas permukaan sentuh memiliki peranan yang sangat penting dalam laju reaksi. Semakin besar luas permukaan bidang sentuh antar partikel, maka tumbukan yang terjadi semakin banyak. Akibatnya laju reaksi semakin cepat. Begitu juga ketika luas permukaan diperkecil, maka tumbukan yang terjadi akan berkurang. Sehingga kecepatan laju reaksi akan berkurang pula (Harvey 2000).
Laju reaksi berbanding terbalik dengan waktu. Artinya, jika waktu yang diperlukan singkat, maka dikatakan laju reaksinya cepat. Sedangkan apabila waktu yang diperlukan cukup lama, maka laju reaksinya lambat (Clark 2004).
Daftar Pustaka
Clark, L.2004.Tetapan Laju dan Persamaan Laju Reaksi.[terhubung berkala].http://kimia.upi.edu/utama/bahan ajar kuliah.html  (9 Oktober 2011)
Harvey, D.2000.Modern Analytial Chemistry. USA: McGraw Hill, Inc.
Munyati.2008.Laju Reaksi Kimia.[terhubung berkala].http://usupress.usu.ac.id/Kinetika Kimia.pdf (9 Oktober 2011)
Raymond, C.2005.Kimia Dasar: Konsep-Konsep Inti, Jilid 2.Jakarta: Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger