Cari Blog Ini

Selasa, 01 Mei 2012

Betapa Beruntungnya Hidup Gue

     "Ternyata, hidup gue jauh lebih beruntung kalo dibandingkan dengan orang lain yang ada di luar sana..." Itulah kalimat yang pertama kali muncul dalam pikiran gue ketika gue menginjakkan kaki di sebuah sekolah dasar di Bogor. Kenapa?
     Beberapa hari yang lalu, gue mendapat amanah untuk ikut berpartisipasi dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh organisasi yang gue ikuti di kampus, namanya Bina Desa. Dari namanya aja pasti kalian bakalan tau acaranya kayak gimana. Yaa, gue dan beberapa orang teman yang lain kebagian untuk 'menghibur' adik-adik kecil di sebuah sekolah dasar. Sekolah yang jadi target adalah SD Negeri 05 Desa Petir (gue ngga ngerti kenapa nama desanya 'Desa Petir'. Mungkin karena kalo hujan petirnya gede-gede kali yaa... Hahh, whatever lah...).
     Hari itu Minggu, jadi gue ga ada kuliah. Gue sama yang lain kumpul sebelum berangkat bareng ke lokasi tujuan. Peralatan yang dibawa lumayan banyak, mulai dari makanan, susu, bahkan botol-botol bekas (buat apa? Ntar gue ceritain).
     Tiba di lokasi, gue bertanya-tanya 'sekolahnya mana nih?'. Tapi ternyata temen gue yang baik hati bilang 'masih jauh, kita harus jalan kaki lagi'. Oh God, gue pikir sekolahnya ada di sekitar situ. Soalnya gue pikir gue berhenti di tempat yang udah 'desa  banget', dan ternyata sekolahnya masih jauh. Oke, fine. Gue sama temen-temen jalan lagi. Dan kalian harus tau bahwa jalan yang kita tempuh untuk bisa mencapai sekolah itu adalah jalan setapak yang curam dan licinnya luar biasa. Kanan kiri jalan setapak itu ada jurang, pohon-pohon bambu, bahkan kuburan. Eeerrrr ..... So gue jalan hati-hati banget. Lagian gue baru sadar bahwa gue pake sepati yang bawahnya licin. Saltum.
     Oke, kita sampe ke sekolah yang dimaksud. Jeng jeng jeeeng ... Sekolah itu adalah satu-satunya bangunan yang ada di sekitar situ (ada lagi sih sebenernya: warung kecil tempat jajan). Soalnya itu sekolah emang dikelilingi kebun bambu sama kolam ikan. Bangunannya biasa aja. Ngga ada yang terlalu menarik perhatian. Di depannya ada lapangan kecil dan tiang bendera. Ngga ada taman bermain, ga ada tempat parkir (ya iyalah, mau markirin apa coba???). Pendeknya, sekolah itu sederhana.
     'Selamat pagi adik-adik' Sapa gue dan temen-temen. Adik-adilk yang disapa langsung ngejawab 'Selamat pagi, Kak...' Gila, rame banget, padahal isinya cuma sekitar empat puluhan orang anak yang masih kecil, yaa mungkin kelas 3 atau 4 lah... Setelah perkenalan singket, kita mulai deh tu acaranya. Acara hari itu diawali dengan penyampaian materi tentang 'menanam pohon' dan 'makanan sehat'. Penyampaiannya semacam guru taman kanak-kanak ngajar deh. Tapi menurut gue sih itu oke untuk anak kacil kayak mereka. Beres ngasih materi, tiba saatnya untuk mempraktekkan materi secara langsung. Nah, masih inget botol-botol yang tadi gue bawa? Botol-botol itu dipotong, trus dipake sebagai pengganti polybag buat nanem pohon. Mereka antusias banget nanem pohonnya. 'Jangan lupa tanemannya disiram ya, Adik-adik...'.
     Ini nih waktu yang paling ditunggu-tunggu. Makan. Makanan yang disiapin ngga terlalu yang aneh-aneh. Cuma singkong dan ubi rebus, trus dikasih parutan keju dan susu kental manis di atasnya. Hmm,,, enak banget tuh gue pikir. Tapi ternyata, panitia ga dapet jatah karena ternyata si adik yang dateng cukup 'membludak', ga sesuai sama yang direncanain. Oke, kakak-kakaknya yang ngalah. Ngga apa-apa deh ngga makan juga, yang penting kalian makan.
     Dibagiin deh tuh makanan. Satu orang dapet satu porsi. Waktu dibagiin, mereka duduk di kursi masing-masing sambil kasak-kusuk (lah?). Semua udah kebagian nih, selamat makan ya adik-adik... Mereka makan sambil senyum-senyum penuh arti. Ngga tau karena mereka suka sama makanannya atau karena mereka ngerasa aneh sama rasanya. Ada satu hal yang bikin gue pengen ketawa. Gue duduk di belakang sambil ngeliatin mereka makan. Dan si adik yang duduk di depan gue 'menyingkirkan' parutan kejunya, terus dibuang di kolong meja. Ya Tuhan... Waktu itu gue cuma senyum-senyum. Pengen nanya si adik kenapa kok kejunya dibuang, tapi gue ga tega ngeganggu dia lagi makan. Akhirnya gue diem aja.
     Ckckck, gue ga hais pikir ya, kenapa coba keju seenak itu ga dimakan, malah dibuang di kolong meja. Kan sayang banget tuh. Tiba-tiba muncul pertnayaan di pikiran gue. Apakah karena si adik itu ga pernah makan keju, sampe dia ngerasa aneh sama rasa keju yang dicampur sama singkong dan ubi rebus? Atau karena dia keseringan makan keju?
     Acaranya udah selesai. Saatnya evaluasi dan beres-beres. Iseng-iseng gue foto-foto disana. Gue baru nyadar, ternyata sekolah itu adalah sekolah yang diselenggarakan secara gratis. Ya pantes aja. Keliatan ko dari keadaan fisiknya. Bukannya gue mau ngejelek-jelekin atau apa. Gue cuma ngerasa kasian aja sama mereka yang sekolah disana. Mentang-mentang sekolah gratis, bukan berarti mereka dapet fasilitas yang seadanya. Mereka itu generasi muda, pembangun masa depan. Apa jadinya kalo generasi muda kita disekolahin di sekolah yang (menurut gua) seadanya.
     Diam-diam gue ngebandingin keadaan sekolah ini sama keadaan sekolah gue dulu. Ya ampun , beda banget. Gue sadar, ternyata gue jauh lebih beruntung dibandingkan mereka, tapi gue sering banget ngeluh ini itu yang ngga penting. Dulu gue sering banget marah gara-gara pengen pensil warna dan buku gambar padahal gue masih punya. Fasilitas sekolah gue lengkap banget. Sementara mereka?
     Tiba-tiba gue ngerasa malu. Malu sama adik-adik kecil itu yang ngga bisa menikmati gimana rasanya sekolah kayak dulu gue sekolah, tapi masih menjalani masa sekolah mereka sambil tersnyum. Gue juga malu sama diri gue sendiri karena gue ngga pernah bersyukur atas apa yang udah gue dapatkan selama ini, yang ada malah ngeluh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger