Cari Blog Ini

Selasa, 12 Juni 2012

Dari Ujian Sampe Galon Air Minum

     Hari ini bener-bener 'sesuatu' buat gue.
     Gue mulai dari mana nih ya? Banyak yang pengen gue ceritain...
     Hari ini adalah hari Selasa, 12 Juni 2012. Di kalender gue ada tulisan pake spidol merah 'Rancob, 10.30-12.30, RK C1,C2,C3'. Itu artinya, hari ini gue ada ujian Rancangan Percobaan, jam setengah sebelas siang. Sebuah ujian yang inti soal-soal nya adalah ngitung. Oke, sebenernya persiapan gue udah cukup mateng. Hari sebelumnya gue udah belajar sampe malem. Gue sengaja set alarm jam 4 pagi, biar gue bisa belajar pagi-pagi. Dan ternyata jam gue mati. Oke. Untung aja ga kesiangan. Gue langsung belajar, latihan soal, dan lain-lain. Gue berangkat agak pagi karena harus ngurus jadwal ujian yang bentrok. Kalian harus tau bahwa yang namanya ngurus jadwal yang bentrok itu harus ada surat dari departemen, dan departemen gue ada di lantai paling atas. 'Tenang aja, kan ada lift'. Bahagia banget gue mikir kayak gitu. Dan setelah tiba di depan lift, gue terpaksa mengubur hidup-hidup kebahagiaan gue itu karena suatu hal: lift-nya mati, macet di antara lantai 1 dan lantai 2. Oke. Gue masih bisa bersabar. Gue langsung naik tangga ke lantai paling atas. Tiba di tempat tujuan, dengan napas yang masih ngos-ngosan, gue harus rela  tertohok karena ga ada orang. Temen-temen gue yang ngajak janjian ketemu disana ga ada. GA ADA. Oke. Gue nunggu. Sambil nunggu, gue buka-buka lagi materi ujian yang udah bosen banget gue pelototin dari kemaren. Setelah temen-temen gue dateng, langsung deh itu surat diurus.
     Singkat cerita, gue nyampe di depan ruang ujian, dan gue langsung 'ngerumpiin' materi ujian kali ini sama temen-temen gue. Sempet dibikin pusing juga sama penjelasan singkat dari mereka. Yang satu bilang caranya gini, yang satu bilang caranya gitu. Tiba-tiba, beberapa temen gue langsung lari ke arah pintu ruang ujian sambil desek-desekan dan teriak histeris kayak mau nonton konser Justin Bieber. Pas masuk, mereka langsung berebut tempat duduk. Mungkin kebanyakan dari mereka (mungkin gue juga) berprinsip 'posisi menentukan prestasi'. Hahahah.
     Rasa bahagia gue kembali muncul ketika gue liat di kertas ujian cuma ada 2 soal (yeaahh, walaupun beranak pinak -,-'). Gue mulai ngerjain dengan tenang. Bismillah. Perhitungan demi perhitungan gue lalui (kayak apa aja dahh...). Dan tibalah gue pada suatu titik dimana seharusnya perhitungan gue menghasilkan angka yang bernilai positif, tapi ternyata gue dapet angka yang negatif. Gue agak terbengong-bengong dan nyoba ngitung dari awal lagi. Ga ada yang salah, menurut gue. Tapi hasilnya tetep aja negatif. Gimana nihh?
     Sekonyong-konyong mbak-mbak pengawas bilang "Waktunya tinggal 30 menit lagi". Gue gelagapan. Ini gimanaaa??? Padahal masih ada sekitar 5 'anak soal' lagi yang belum gue kerjain. Sumpah ya, gue panik banget. Panik banget, bukan panik aja. Kalo gue tetep nekat masukin angka yang negatif itu, pasti jawaban gue selanjutnya juga bakalan salah. Tapi kalo gue tetep keukeuh ngulang perhitungan dari awal, itu bakalan wasting time. Akhirnya gue nekat pake hasil yang udah gue dapet dari awal. Gue denger lagi mbak pengawas berseru "Waktunya tinggal 15 menit lagi. Periksa lagi jawabannya. Jangan lupa tulis nama dan nomor induk mahasiswa". Tertohok dong gue waktu sadar kolom identitas di kertas jawaban gue masih kosong. Kepanikan gue semakin memuncak. Mau pilih yang mana dulu nih, ngelanjutin ngitung, apa ngisi identitas? Ehh, ntar dulu, kalian pasti mikir bahwa gue cuma harus ngisi identitas di satu lembar jawaban. Salah besar. Ada sekitar 7 lembar jawaban, dan semuanya harus diisi dengan identitas. SEMUANYA. Oke. Gue ngisi identitas gue dulu. Pertimbangannya, gue ngga mau soal yang udah gue jawab dengan susah payah jadi sia-sia begitu aja karena gue lupa ngisi identitas. Sesi pengisian identitas itu berlangsung cukup lama juga. Bahkan ada kolom untuk ngisi pernyataan bahwa gue ngerjain ujian dengan jujur dan akan menanggung sanksi kalo gue ketauan melakukan kecurangan. Ishh... Macem-macem aja sih, pikir gue. Selain itu, gue juga 'agak-sedikit menyesali' kenapa gue punya nama yang panjang. Oh Tuhan, maafin gue. Ini bukan berarti gue ngga mensyukuri nama pemberian dari orang tua gue. Hhhh,,, gue cuma bisa menghela nafas menyadari resiko yang harus ditanggung oleh orang yang punya nama yang panjang.
     "Waktunya habis. Silahkan kumpulkan jawabannya dalam hitungan lima. Satu... Dua..." Frustasi. Gue frustasi. Ada soal yang ga sempet gue kerjain. Akhirnya gue memasrahkan lembar jawaban gue kepada mbak pengawas itu.
     Gue keluar ruang ujian sambil sempoyongan dengan bagian sekitar bahu dan leher yang pegel karena selama ujian berlangsung gue nunduk, mantengin terus itu lembar soal dan jawaban.
     Hhhh, ngga lagi-lagi deh ujian kayak gitu.
     Skip.
     Gue nyampe kosan. Sebenernya sebelum pulang tadi, gue mampir dulu di tempat isi ulang galon karena persediaan air minum di kosan gue udah abis. Gue pesen kayak biasa ke abang-abangnya. Saking seringnya gue pesen isi ulang disitu, abang-abangnya sampe hafal muka, nama, dan alamat kosan gue. Bahkan dia hapal setiap tanggal berapa gue ngisi ulang air minum. Subhanallah...
      Gue langsung bayar aja itu pesenan walopun belum nyampe kosan. "Makasih mas. Tunggu yaa galonnya." Gue cuma nyengir dan beranjak pulang ke kosan.
     Nyampe di kosan, gue langsung tepar menggelepar (<-- lebay). Tiduran di kamar. Adeeemm. Lama-lama mata gue terasa berat. Ngantuk. Sepuluh menit berlalu. Dua puluh menit... Tiga puluh menit... Satu jam... Dua jam... Tiba-tiba gue tersadar dan ngerasa ada sesuatu yang kurang. Apa yaa?
     OIYA ! Pesenan galon gue belum dateng juga. Ini kemana sih abangnya? Masa iya nyasar? Kan tadi dia hapal alamat kosan gue. Busuuukk... Mana haus banget lagi ni tenggorokan. Arrgghhhh...
     Sekitar lima belas menit kemudian, itu si abangnya baru dateng. "Maaf ya mas, agak lama." Sambil cengar-cengir si abang ngegotong galon dari motornya ke kosan gue. Udah gitu dia langsung cabut. Isshhhh .... 'agak lama' dia bilang? Woooyyy ...Orang mana sih lo bang? Lebih dari 2 jam dibilang 'agak lama'? Untung gue orangnya ga emosian... Hhhh... Buru-buru deh gue buka segel tu galon, Langsung gue minum itu air galon sepuas hati gue. Ujung-ujungnya perut gue kembung -.-'
     Oke guys, itulah sepenggal cerita gue hari ini. Agak aneh dan ga jelas memang. Tapi, gue berharap semoga kalian bisa mengambil pelajaran dari cerita hidup gue ini (walopun gue juga ngga tau bagian mana dari cerita gue ini yang bisa kalian jadiin pelajaran).
     :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger