Cari Blog Ini

Sabtu, 23 Juni 2012

Yakin Kalo Punya Temen Itu Menyenangkan? (Part 1)

     Pasti kita semua setuju dengan sebuah pernyataan di bawah ini :
'punya temen itu menyenangkan'.
Oke, tapi kalo temen kita malah justru bikin kita sedih bahkan marah, apakah kita masih bisa bilang 'menyenangkan' ?
Mungkin dua buah analogi di bawah ini bisa dijadikan sebagai suatu contoh bahwa ga semua teman itu menyenangkan.
     Analogi pertama.
     Sebagai seorang mahasiswa yang bisa dibilang perantauan, tinggal di kosan atau kontrakan merupakan sebuah keniscayaan (hehe, bahasanya tinggi). Contohnya gue. Sebenernya gue beruntung karena di tahun pertama gue kuliah, gue wajib masuk asrama. Nah, di asrama, gue ketemu sama berbagai macam jenis manusia dari seluruh Indonesia, bahkan luar negeri. Awalnya memang sama-sama canggung, sama-sama jaim. Lama-lama ketauan juga busuknya (hahaha,,, ngga lah yaa). Pokoknya, selama setahun tinggal di asrama, banyak banget pengalaman berharga yang gue dapet.
     SKIP.
     Singkat cerita, gue dan semua mahasiswa angkatan gue harus hengkang dari asrama karena angkatan yang baru udah mau masuk dan tinggal di asrama. Oke, jadi gue sibuk nyari kosan. Kesana kemari gue cari kosan yang sesuai sama keinginan gue, tapi ga dapet juga. Udah tanya temen-temen, mereka bilangnya 'ngga tau'. (tunggu dulu deh, ini kenapa jadi mirip sama lagu Alamat Palsu sih ?)
     Akhirnya, gue dapet sebuah kosan yang walaupun ngga terlalu bagus, tapi bikin betah. Kamar gue di lantai 2. Ngga terlalu lega, tapi bisa buat tempat parkir helikopter (apadeehh -.-'). Di kosan itu ada lima kamar. Empat kamar ada penghuninya (salah satunya gue), dan satu sisanya kosong. Tiga orang temen kosan gue itu orangnya... Hmm... Biasa aja sih sebenernya. Mereka itu tipe orang yang ngga pernah mau ikut campur urusan orang lain (ini yang paling gue suka dari mereka, soalnya gue bisa menjaga privasi gue dengan baik, hehe), ngga cerewet, ngga berisik, ngga pernah bikin ulah yang macem-macem... gitu deh pokoknya. So, selama beberapa bulan gue tinggal sekosan sama mereka, gue hidup dengan aman, damai, dan tenteram.
     Tapi kemudian mereka harus pergi, pindah dari kosan karena mereka udah wisuda (mereka semua emang lebih tua dari gue). Satu persatu dari mereka pulang ke kampungnya masing-masing. Tinggal gue sendirian di kosan. Sepi, bete, ga ada temen ngobrol. Ga enak juga sih kalo keadaannya kayak gini. GA PUNYA TEMEN. Sedih. Itu yang gue rasain.
     Setelah beberapa minggu berlalu dengan kesendirian gue (eeaaaa....), akhirnya gue dapet info dari ibu kos gue, katanya bakalan ada yang ngisi lagi kamar kosong di kosan. Awalnya gue seneng dong. Gue bakalan dapet temen kosan lagi. Temen kosan yang enak diajak ngobrol, yang gokil kalo lagi becanda, yang ga pernah ngusik masalah orang lain kalo ga diminta. Itu harapan gue.
     Tapi gue harus mengubur harapan gue itu dalam-dalam karena ternyata temen kosan gue yang sekarang ngga seperti yang gue harapkan. Mereka semua seangkatan sama gue (gue tau itu dari jaket departemen yang mereka jemur, hehe..), mereka juga berasal dari departemen yang sama. Jadi mungkin mereka pikir akan lebih baik kalo mereka tinggal bareng sekosan. Dari yang gue denger secara ngga sengaja sih, mereka emang udah akrab dari sejak di asrama dulu, dan waktu keluar dari asrama, mereka juga tinggal bareng sekosan.
     Hari-hari pertama kedatangan mereka, gue biasa aja, menjalani kehidupan gue yang sibuk seperti biasanya. Saking sibuknya, gue sampe ga ada waktu buat cuma sekedar say hallo sama mereka dan memperkenalkan diri gue. Tapi yaudah lah, seiring berjalannya waktu toh mereka juga bakalan kenal gue, dan sebaliknya, pikir gue waktu itu.
     Tapi ternyata gue salah. Semakin hari, gue semakin ga akrab sama mereka. Kenapa? Pertama, mereka adalah tipe temen yang ngga gue banget. Gaya hidup mereka beda banget sama gaya hidup gue. Cara ngomong mereka, 'bahasa' mereka, cara mereka ngomongin gue di belekang gue, cara mereka merhatiin gue dengan tatapan yang gue ga tau apa artinya. Itu semua bikin gue ga nyaman. Awalnya gue anggap itu biasa aja. Tapi lama-lama kok ya jadi tambah ga nyaman. Maksud dari 'ga nyaman' disini adalah bahwa gue ngerasa kehidupan gue selalu dibatasi oleh kehadiran mereka. Gue ga bisa bebas bahkan di kamar gue sendiri. Gue jadi sering denger mereka nyindir gue. Sindiran halus sih sebenernya, tapi itu udah bisa bikin hati dan pikiran gue bagaikan tertusuk duri (iisss..... -.-'). Misalnya aja, waktu gue pulang kuliah di suatu siang sambil ngejinjing plastik yang isinya makan siang gue, dan mereka, yang lagi makan bareng, liat gue. Karena capek, akhirnya gue cuma bisa tepar, ganti baju, tiduran di kamar. Gue lupain sejenak makan siang gue. Pintu kamar udah pasti gue kunci dong...
     Beberapa puluh menit kemudian, gue mulai ngerasa laper, jadi gue memutuskan untuk makan, dan gue makan di kamer gue sendiri. Beres makan, gue bersihin peralatan makan gue, dan mereka liat gue. Abis itu gue masuk lagi ke kamar (mau ngelanjutin tidur, #eehh...). Tiba-tiba gue denger salah satu dari mereka ngomong ke yang lain. Gue lupa kata-katanya, tapi intinya mereka nyindir gue kayak gini : 'Makan sendiri, hidup sendiri...'
     SIAL !!!
     Reflek gue bilang kayak gitu (tentunya di dalem hati, heheh...). Ya ampun, ga nyangka gue digituin (?) sama mereka, 'temen' sekosan gue yang bahkan belum gue kenal. Coba kalian bayangin, coba ! Gimana gue ngga kesel? Gue baru pulang kuliah, gue gerah, gue haus, gue lapar, dan ketika gue makan gue malah dapet sindiran kayak gitu. Oke. Fine!
     Mulai saat itu, api kebencian mulai menyala dalam hati gue (ini bahasanya alay sumpah -.-').
     Entahlah. Gue ga tau apakah gue yang salah karena ngga nawarin mereka makan, atau gimana (soalnya gue liat sendiri waktu gue pulang kuliah mereka lagi makan bareng). Atau mereka pengen gue ajak makan bareng? Hahaha... Yaudah lah yaa, ga usah dipikirin lah. Ga penting!

To be continued...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger