Cari Blog Ini

Minggu, 30 Oktober 2011

Random : Reform My Study System

     Besok adalah hari pertama kuliah di semester 3, sesi UAS. Kimia Fisik adalah mata kuliah pertama besok pagi (diam-diam, aku berharap dosennya diganti. Yeaahh, aku berharap demikian karena dosen di sesi UTS sungguh tidak menyenangkan. Tapi, mungkin aku sendiri yang salah, tak memperhatikan beliau yang menerangkan di depan kelas. Aku malah sibuk mengerjakan laporan dan tugas Genetika Dasar).

     Sebenarnya, aku ingin sekali mengubah sistem belajarku. Tidak lagi SKS seperti beberapa waktu yang lalu. Rasanya begitu tertekan jika aku harus belajar hanya ketika menjelang ujian. Namun, aku menemukan sesuatu diantara rasa tertekan itu : belajar kelompok. Aku dan beberapa orang teman lain membentuk sebuah kelompok belajar. Melalui kelompok belajar, aku dan teman-teman bisa berbagi ilmu. Apa yang mereka mengerti bisa juga aku mengerti, begitu juga sebaliknya.

     Ya. Mulai saat ini, aku harus belajar secara rutin. Tidak boleh malas-malasan. Jangan terlalu banyak main. Sebelum mulai kuliah, aki harus membaca materi yang akan disampaikan oleh dosen. Oh ya, jangan mengantuk di kelas. Mengerjakan tugas dan laporan tepat pada waktunya, jangan ditunda-tunda.
     Tapi...
     Apakah langkah-langkahku ini terlalu idealis untuk orang sepertiku? Aku khawatir ini hanya akan menjadi rencana belaka, tanpa realisasi yang nyata terasa. Bisakah aku secara konsisten menjalankan langkah-langkah ini?
     Ayolah. Kapan lagi aku bisa melakukan yang terbaik dalam hidupku? Masa muda itu singkat, dan tak akan pernah bisa kembali jika telah terlewat. Aku tak mau gagal dalam menjalani masa midaku. Aku tak mau masa mudaku kosong tanpa adanya goresan prestasi yang membanggakan. Aku ingin mewarnai masa-masa ini dengan warna-warna indah, yang akan membuat setiap orang tersenyum jika melihatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger